Informasi Seputar Strategi Bisnis Dan Peluang Usaha

Jumat, 16 Desember 2016

5 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Pemula

5 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk PemulaModal merupakan salah satu elemen penting untuk memulai sebuah usaha, tanpa modal usaha pun akan sulit untuk berjalan. Namun jangan patah semangat jika modal yang dimiliki tergolong terbatas. Karena ada beberapa usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya serta yang paling terpenting usaha & niat . Berikut Beberapa usaha yang patut sobat coba . 
BUDIDAYA JAMUR TIRAM


1. Kuliner
  • Kuliner masih menempati posisi yag paling diminati oleh pebisnis atau pengusaha pemula. Pasalnya peluang usaha kecil menengah yang satu ini memiliki jangkauan pasar yang luas. Segmentasinya jelas. semua orang, semua umur dan perputaran yang cepat.
  • Usaha makanan sudah barang tentu akan laku dikarenakan semua orang butuh makan. Kita hanya butuh memberikan layanan yang baik, makanan yang sehat dan segar.
  • Saya pernah makan di warteg dengan kualitas pinggir jalan. Saya melihat wartegnya tetap bisa hidup dan ramai dikunjungi orang. Ini berarti peluang usaha ini begitu besar.
  • peluang usaha kecil menengah dalam bidang makanan atau kuliner ini juga di dukung oleh tingginya minat masyarakat kita yang ingin mencoba masakan tertentu. Usaha makanan bukan hanya Warteg, bisa juga ayam krispy, Martabak, SOto, Siomay, dan masih banyak lagi masakan Indonesia.
  • Masakan Orang Indonesia memang sangat beragam. Sehingga kita ingin mencoba semua masakan tersebut. Belum lagin masakan yang sudah dikombinasi dengan masakan orang luar negeri. tentu medifikasi-modifikasi ini membuat begitu kayanya kuliner Indonesia pada saat ini.
2. Bisnis UKM di Bidang Fashion
  • Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang sangat potensial dan akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sangat sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka.
  • Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan, misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis busana muslim yang cukup sukses adalah Jilbab Rabbani yang membidik target market khusus wanita muslimah. Jilbab Rabbani juga memberikan kesempatan kepada pengecer untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mereka dengan cara menjadi reseller.
  • Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini. 
3. Kerajinan
  • Kerajinan adalah peluang usaha yang membutuhkan barang dan jasa. Barang dalam bentuk bahan untuk produknya, sementara jasa untuk kita yang membuatnya.
  • Contohnya kita membuat sebuah produk kerajinan kursi dari rotan. Tentu kita butuh bahan bakunya rotan, dan setelah ada rotanya kita harus membuatnya. Itulah jasa kita, jasa pembuatanya. Ini juga memiliki nilai yang tinggi dikarenakan ada unsur SENI di dalam produk tersebut.
  • Untuk Peluang Usaha Kecil Menengah ini, anda harus memiliki skill tertentu dan benar-benar mahir di dalamnya. Dengan demikian anda juga akan memiliki brand tersendiri. Lihat saja contohnya “Saung Mang Udjo” Kelihaian dan kemampuan uniknya dalam mengelola dan membuat angklung menjadikanya sebagai pusat perhatian dalam bidang Angklung.
4. Bisnis di Bidang Otomotif
  • Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Lihat saja jumlah sepeda motor dan mobil yang semakin banyak, tentunya ini bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi mereka yang jeli memanfaatkannya. Bisnis otomotif tidak harus besar, yang penting hasilnya menguntungkan dan jangka panjang.
  • Beberapa usaha yang bisa dimanfaatkan di bidang otomotif adalah jasa bengkel dan spare part, jasa cuci motor/mobil, menjual perlengkapan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. Banyak sekali ceruk di bisnis otomotif yang bisa kita manfaatkan, misalnya menjual helm sepeda motor. Bagi sebagian orang mungkin jualan helm itu biasa saja, namun bagi mereka yang jeli pasti akan bisa mendapatkan keuntungan besar hanya dari berjualan helm sepeda motor.
5. Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis
  • Anda pasti pernah mendengar lagu Koes Plus “Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat, kayu dan batu jadi tanaman…”. Yup, negara kita memang terkenal dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan kebutuhan lainnya, mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan tanaman penting lainnya. Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi nabati tentunya membuat bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus dibutuhkan masyarakat Indonesia, bahkan kita bisa mengekspor ke luar negeri.
  • Bisnis UKM di bidang Agrobisnis lainnya adalah peternakan. Seperti kita ketahui, protein hewani adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan. Sayangnya, walaupun usaha agrobisnis peternakan telah menelurkan banyak miliuner sukses di Indonesia, belum banyak pengusaha muda yang menggeluti bidang ini karena dianggap kolot dan hanya cocok untuk masyarakat pedesaan. 



TIPS : 
  • Kreativitas untuk menemukan ide tentang jenis usaha yang akan digeluti dalam membangun usaha menengah yang menguntungkan amat diperlukan. Dasar pemikirannya bisa didasarkan atas: minat/hobi, pengalaman, keterampilan, dan penguasaan pasar dari hulu ke hilir. Selain itu, diperlukan pula mental yang baik untuk bisa bertahan dan mengembangkan usaha. Penguasaan teknis dalam berbagai bidang di dalam usaha tersebut juga menentukan kesuksesan suatu usaha. Misalnya, pengelolaan keuangan yang baik, pemilihan dan pengaturan SDM, pengaturan penjualan dan pembelian barang, dan sebagainya.

  • Pemerintah dewasa ini turut mendukung tumbuh dan berkembangnya usaha menengah yang menguntungkan melalui berbagai program bantuan yang disalurkan melalui instansi pemerintahan maupun lembaga perbankan. Pilihan perolehan bantuan dana dari pihak swasta maupun lembaga masyarakat secara swadaya pun kian beragam. Proses pengajuan pinjaman modal pun kini kian mudah. Hanya diperlukan kemauan yang kuat untuk mewujudkannya.

Demikianlah informasi lengkap mengenai 5 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Pemula .  Baca juga informasi menarik lainya seperti Cara Praktis Budidaya Jamur Tiram Maksimal .  Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Peluang Usaha Modal Kecil Untuk Pemula

0 komentar:

Posting Komentar